Selamat datang di situs Sekolah kami. Mendidik siswa berakhlak mulia dan berprestasi
SMPN 2 Malang
JL. Prof. Moh. Yamin No 60 - Malang
Jawa Timur, Indonesia
Telp. 0341-325508
Web: http://www.smpn2mlg.sch.id
Email: smpnmalang2@gmail.com
kontak kami




 mySchool Info - Majalah Dinding


www.smpn2mlg.sch.id
Dikirim: 05 January 2018
MPLS SMP NEGERI 2 Malang Tahun Pelajaran 2017-2018
Dikirim: 26 July 2017

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Malang pada setiap tahun ajaran baru. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut kedatangan para peserta didik baru, yakni siswa kelas VII. Salah satu tujuan diadakannya MPLS adalah untuk mengenalkan lingkungan SMP Negeri 2 Malang. Selain itu juga sebagai sarana beradaptasi para siswa baru terhadap lingkugan yang baru dan bersosialisasi dengan teman 2 dan guru. Serta ajang menjalin rasa kekeluargaan danpersaudaraan dalam upaya memajukan SMP Negeri 2 Malang.

Full Day School
Dikirim: 19 January 2017

Kebijakan terbaru di awal tahun 2017 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan diberlakukannya sekolah Full Day, mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA/SMK. Hal ini akan membuat siswa seharian berada di sekolah yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa.

Berikut tiga alasan Menteri Muhadjir:

  1.  Tidak ada mata pelajaran
  2. Menurut Muhadjir, full day school adalah pemberian jam tambahan. Tapi dalam jam tambahan tersebut tidak ada mata pelajaran yang bisa membuat para siswa bosan. Kegiatan yang dilakukan adalah ekstrakulikuler.

    Kegiatan ekstrakulikuler tersebut akan merangkum hingga 18 karakter, seperti jujur, toleransi, disiplin, hingga cinta tanah air. Dengan kegiatan tersebut, dia mengatakan para siswa bisa dijauhkan dari pergaulan yang negatif.

  3. Orang tua bisa jemput anak ke sekolah
  4. Pertimbangan lain dari program full day school adalah masalah hubungan antara orang tua dan anak. Menurut Muhadjir, untuk masyarakat yang tinggal di perkotaan, pada umumnya orang tua bekerja hingga pukul 5 sore. Dengan program tersebut, kata dia, orang tua bisa menjemput anak mereka di sekolah saat pulang kerja.

    Sata ini, kata Muhadjir, siswa pulang dari sekolah pukul 1 siang, sementara orang tua baru pulang pukul 5 sore. "Antara jam 1 sampai jam 5 kita enggak tahu siapa yang bertanggung jawab pada anak, karena sekolah juga sudah melepas sementara keluarga juga belum ada," kata Muhadjir.

  5. Membantu sertifikasi guru
  6.  

    Program full day school dianggap Muhadjir dapat membantu guru untuk mendapatkan durasi jam mengajar 24 jam per minggu sebagai syarat mendapatkan sertifikasi guru.
    "Guru yang mencari tambahan jam belajar di sekolah nanti akan mendapatkan tambahan jam itu dari ini," katanya.


First <<   >> Last